Tuesday 26 May 2015

TARSIUS DARI PULAU BANGKA

TARSIUS BANGKA

SUMBER FOTO:GOOGLE
selain punya martabak bangka yang terkenal ke seluruh penjuru indonesia,ternyata pulau bangka juga masih menyimpan berbagai satwa unik yang ada didalamnya terututam yang menjad maskot dari kota bangka adalah hewan yang bernama tarsius bancanus(tarsius bangka).

tarsius bangka ini memiliki tubuh yang mungil sekitar 12-15cm dan berat tubuh sekitar 128 gram(jantan) dan 117(betina).warna bulu coklat kemerahan,hingga abu-abu kecoklatan.
tarsius bangka ini teresebar di kalimantan dan sumatra.khusunya dipulau bangka.

SUMBER FOTO:GOOGLE
tarsius bangka ini memeiliki ciri-ciri seperti jenis tarsius yang lainya,dengan telinga yang kecil,bermata besar bulat,dan berbentuk tubuh mungil.

tarsius mencari makan pada malam hari dan biasanya tidur di siang hari,tarsius adalah hewan karnivora,dia memakan serangga kecil,sperti jangkrik,kupu-kupu,belalang sembah.dll. kadang tarsius jg memakan burung dan kekelawar.

tapi sayang hewan ini tidak boleh dipelihara karena jumlahnya yang semakin menipis di alamnya,bagi penghobi atau kolektor hewan tolong kesadaranya bagi yang punya tarsius harap dilepaskan embali ke asalnya agar populasi tarsius tidak semakin menipis,

oleh CITES tarsius bancanus di masukkan dalam daftar apendik II,sedangkan oleh pemerintah indonesia,mentitlin dan semua jenis tarsius dilindungi berdasarkan PP.NO 7.th 1999.

maka dari itu kawan lestarikan hutan dan binatang yang ada didalamnya gar kelak cucu kita bisa melihat betapa menakjubkannya satwa tarsius dari pulau bangka ini,,

3 comments: